Rabu, 06 Februari 2013

Sejarah internet



1.     Pengenalan internet
Internet dapat di terjemahkan secara sederhana sebagai Internstional Network. Dan dari istilah tersebut  dikatakan bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan kita dengan jaringaan informasi dunia dan informasi global.
Perbedaan internet dengan teknologi-teknologi  lain adalah internet mampu meliputi semua teknologi-teknologi seperti  TV, Handphone, Surat kabar dsb. Selain hal tersebut internet juga dapat menjamin kebebasan para pengaksesnya untuk memanfaatkan internet sebagai sumber informasi sesuai seleranya sendiri.

Sejarah
        Internet merupakan jaringan komputer yang di bentuk oleh  Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang di sebut ARPANET ( Advenced Research Project Agency Network ), di mana mereka mendensmontrasikan bagai mana dengan hardware dan software  computer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protocol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol ) .
        Tujuan awal di bentuknya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Departemen of Defense ) membuat system jaringan computer yang tersebar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindarinya terjadi informasi terpusat, apabila terjaddi perang dapat mudah di hancurkan.
          Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Reseach Institute, University of calofornia, Santa Barbara, University of Utah, di man mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972.Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu “MILENT” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas.Gabungan itu dikenal dengan nama DARPA internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar